Navigation Menu

Langgam Pertanian

Cara Menjadi Jawara Swasembada dengan Memilih Jurusan Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB adalah fakultas harapan. Bertani atau berladang adalah sebuah profesi harapan negeri yang mengajarkan optimisme dan kesabaran. Fateta adalah sekolah kesabaran. Kita tidak bisa terburu-buru memetik hasil panen bila belum waktunya. Pun, tanpa optimisme tak akan benih tertanam di ladang. Tujuan utama bertani bukanlah hasil panennya tetapi demi menyempurnakan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Karena disetiap satu penemuan baru di bidang pertanian adalah satu langkah besar menuju kehidupan yang lebih bermatabat. Aku bangga menjadi mahasiswa Fateta karena aku bisa menjadi warga yang berharga dan terikat langsung dengan negeriku tercinta.

Dengan menjadi petani berarti kita berjabat tangan langsung dengan alam Indonesia. Alam Indonesia yang membuat kita makan. Bisakah kita hidup bahagia, damai, sejahtera dan sehat tanpa makanan?

Kita kadang membutuhkan dokter, psikolog, polisi atau pengacara. Tetapi hampir dipastikan kita membutuhkan petani tiga kali dalam sehari.

Siapapun kita bisa menjadi petani. Bangkitkan kembali kejayaan swasembada. Hidupkan gerakan berkebun nasional. Setiap rumah tangga dapat hidup mandiri dengan memelihara ayam, kambing, ikan dan menanam berbagai jenis sayuran seperti bayam, tomat, cabai, terung dan sebagainya. Ketika jumlah kebun bertambah, maka jumlah surga pun akan bertambah. Populasi penduduk meningkat, produksi sumber makanan harus meningkat juga bukan?

 (Wendianing Putri Luketsi)



0 comments: